Khasiat Ketumbar

gambar Ketumbar

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Tak hanya bijinya saja yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar diberi nama phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar juga beraroma tajam.
Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan. Seperti halnya seledri, tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.

Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. Sedangkan, untuk bunga mejemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda. Untuk buah, bentuknya hampir bulat berwarna kuning bersusun, Kalau matang, buahnya mudah dirontokkan. Setelah itu, buahnya dikeringkan.

Beberapa khasiat ketumbar adalah sebagai berikut:

  • Mengobati darah tinggi. Caranya, ambil segenggam ketumbar lalu cuci dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Saring dan minum airnya selagi hangat. Lakukan satu minggu sekali.
  • Mengobati lemah syahwat. Caranya, siapkan ketumbar, jinten, daun pepaya gantung, kencur kunir, jahe, dan delingu bangle secukupnya. Giling halus semua bahan tersebut. Tambahkan 1/2 gelas air, lalu peras dan saring. Tambahkan air jeruk nipis, madu, dan sedikit garam, lalu minum sehari sekali sebanyak 1/2 gelas.
  • Mengobati perut kembang. Caranya, siapkan ketumbar, trawas, delingu, daun katuk, brambang, dan buah pinang muda. Tumbuk halus semua bahan lalu tambahkan air secukupnya. Tempelkan ramuan pada perut yang kembung.

 
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply