Khasiat Kencur

gambar Kencur

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya.

Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskerta, kachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria).

Beberapa macam khasiat dari kencur adalah sebagai berikut:

  • Mengobati radang lambung. Caranya, ambil kencur sebanyak 2 jari, kupas dan cuci bersih. Kunyah dengan garam lalu telan. Lakukan 3 kali sehari.
  • Mengobati sakit perut, mual dan perut kembung. Caranya, ambil 1 jari kencur lalu parut. Tambahkan 1/2 gelas air, lalu remas-remas, dan saring airnya. Minum air hasil saringan satu hari sekali sebanyak 1/2 gelas.
  • Menyegarkan badan. Baca resep herba kesegaran badan di ResepHerba.Com.

 
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply