Khasiat Jahe

gambar Jahe

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Beberapa khasiat jahe adalah sebagai berikut:

  • Mengobati demam dan batuk pilek. Caranya, ambil 1/2 jari jahe, lalu tumbuk halus dan rebus dengan 2 gelas air mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Minum airnya sebanyak satu gelas selama 2-3 kali dalam sehari.
  • Mengobati encok. Caranya, giling halus 2 jari jahe dan 5 siung bawang merah, kemudian campurkan bersama satu cangkir tepung terigu dan air. Gunakan untuk menggosok bagian yang terasa sakit dua kali sehari secukupnya.
  • Mengobati pegal linu. Caranya, ambil sejengkal jahe, lalu cuci bersih dan giling halus. Tempelkan pada bagian yang terasa pegal linu, lalu balut dan diselimuti. Lakukan sebelum tidur.

 
You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Jahe”

  1. yayang says:

    menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang paling penting, karena sehat investasi yang paling tinggi nilainya

  2. cinta says:

    thanks artikelnya….

Leave a Reply