Khasiat Buah Durian

gambar Buah Durian

Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebuah durian diduga berasal dari istilah Melayu, yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India, dan Pakistan. Di Asia, buah ini sudah dikenal sejak abad 7 M. Berdasarkan catatan sejarah, nama lain durian adalah Duren (Jawa, Gayo), Duriang (Manado), Dulian (Toraja), dan Rulen (Seram Timur).

Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.

Beberapa manfaat lain dari buah durian di antaranya:

  • Mengusir kutu busuk. Caranya, ambil kulit buah durian, lalu letakkan di bawah kolong tempat tidur.
  • Mengobati sembelit. Caranya, ambil kulit buah durian selebar dua telapak tangan, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air secukupnya, lalu gunakan untuk menapal perut. Lakukan 2 kali sehari sebanyak diperlukan.

 
You can leave a response, or trackback from your own site.

34 Responses to “Buah Durian”

  1. gussa says:

    wah,hebat juga ya manfaat buah durian…..memang uenak sih, duren, apalagi duren medan…

  2. […] karena saya suka buah-buahan apalagi yang namanya durian…mmmmm….wueenaakkk…. Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga […]

  3. topik ini sangat menarik dan penting karena sebagian orang juga tidak suka buah durian karena aromanya yang tidak enak. padahal rasanya enak dan sensasi saat makannya asyik karena kulitnya yang berduri dan terkadang susah dibuka.. jadi, ini dapat merubah pikiran seseorang tentang buah durian.. yang tidak suka menjadi suka dan yang suka akan menjadi lebih suka.

  4. agung says:

    makasih banget infonyaaaaaaaaaaaaaa

  5. Antok says:

    Durian tidak enak, kokk suka sih?

  6. anas says:

    tepung kentucky crispy fathur food di jamin crispy

  7. Rizki permata says:

    Ai…. enak benala buah duren apo durian

  8. rasputa says:

    apakah asal dari malaysia?
    setahu nenek moyang durian dari sumatera dan merupakan makanan gajah sumatera

  9. Dunia aMe says:

    Setahu ane duren mengandung alkohol dan gas yg banyak sehingga kurang baik untuk dikonsumsi, bener gag ???

  10. janni says:

    duren yang paling uenaaak bgt itu Duren cowok (alias Duda Keren yaaah)

  11. Cemonk says:

    Gw sk durian

  12. ampera says:

    Durennn….nambah GAIRAH XES ……kwkwkwwkwk D)

  13. Deskripsi: Durian Menoreh Kuning
    LAMPIRAN KEPUTUSAN MENTERI PERTANIAN

    NOMOR : 316/Kpts/SR.120/5/2007
    Tanggal : 8 Mei 2007

    DESKRIPSI DURIAN VARIETAS
    MENOREH KUNING

    Asal : Dusun Potronalan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
    Silsilah : Seleksi Pohon induk
    Golongan Varietas : Klon
    Tinggi tanaman : 30 m
    Bentuk tajuk tanaman : seperti payung
    Percabangan : seimbang
    Bentuk penampang batang : silindris
    Diameter batang : 75,69 cm
    Pangkal batang : sedikit berakar papan
    Warna batang : coklat muda
    Bentuk daun : jorong
    Ukuran daun : panjang 19,0 – 22,0 cm, lebar 6,3 – 7,3 cm
    Warna daun bagian atas : hijau tua
    Warna daun barian bawah : coklat keemasan
    Tepi daun : rata
    Ujung daun : meruncing
    Permukaan daun bagian atas : halus
    Permukaan daun bagian bawah : kasar
    Panjang tangkai daun : 2,12 – 2,76 cm
    Bentuk bunga : tandan majemuk
    Warna kelopak bunga : kuning
    Warna mahkota bunga : kuning muda
    Warna benang sari : kuning kecoklatan
    Jumlah bunga per tandan : 1 – 5 kuntum
    Bentuk buah : bulat lonjong
    Ukuran buah : tinggi 22 – 26 cm, diameter 26 – 30 cm
    Warna kulit buah muda : kuning kehijauan
    Warna kulit buah masak : Coklat muda kekuningan
    Ketebalan kulit buah : 1,0 – 1,4 cm
    Duri buah : kerucut, kecil dan rapat
    Kekerasan buah : keras
    Intensitas aroma buah : harum menyengat
    Warna daging buah : kuning mentega
    Ketebalan daging buah : 1,3 – 2,5 cm
    Tekstur daging buah : berserat halus
    Rasa daging buah : manis
    Keadaan daging buah : berselaput
    Bentuk biji : lonjong
    Warna biji : coklat muda
    Jumlah biji per buah : 11 – 20 biji
    Kandungan gula : 26,67 brix
    Kandungan lemak : 4,7451 %wb
    Jumlah juring per buah : 5 juring
    Berat per buah : 1,9 – 3,0 kg
    Panjang tangkai buah : 4,3 – 5,1 cm
    Jumlah buah per tandan : 1 – 3 buah
    Waktu berbunga : September – Oktober
    Waktu panen : January – Februari

    Info Pemesanan Bibit/Benih Durian Menoreh Resmi:

    Budidaya dan Pemasaran Durian Menoreh

    “M-SEED”

    Jln. Kaliurang KM 19

    D. I. Yogyakarta.

    Web:

    http://menorehseed.blogspot.com/

    http://durianmenoreh.blogspot.com/

    http://menorehseed.wordpress.com/

    e-mail: [email protected]

    Tlp: (0274)7004879/ 0813 1388 8479

  14. bezaliel says:

    selain enak buah duren teryata memiliki manfaat mineral alamiah harga buah duren yg mahal jika klw tidak musim

  15. […] Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi. […]

  16. durian ada enaknya juga TIDAK mengenAKKHAN mengapa baunya menyegat ditangkal atau tolabala dengan mengingkat untu utowo GIGI ATAU THOOTS SOPAYA HARUM WANGI TETAPI JUGA KAYA MULTIFITAMIN BAGAI YIN DAN YANG FIFTY FIFTEY MEMAKAI SIKAT PASTA THOOT BRUS BAGAI BRUSLE MIRIP KHAN BERCANDA KALI ITULAH YANG DINAMAKHAN BELAJAR SAMBIL BERMAIN DAN MEMBAHASNYA.

  17. DI NEGARA INDONESIA KEPULAUANYA BANYAK SEKALI BERANEKA RAGAM DURIAN DIRIKU MEMPUNYAI IDE UNTUK MENGEPLOTASIKHAN ATAU MENGEEKPORKHANNYA SUPAYA AGAR MENGUNTUNGKHAN DARIPADA DI MINATI SENDIRI DIHARGAI RUPIAH MENDINAGHAN DIJUAL DINEGARA LAIN DIHARGAI DOLAR KONON KABARNYA DIBIKIN OBAT TRADISIONALDINEGARRI TEWRSEBUT KATANYA DOSEN JURUSAN BOTANI PERHUTANAN PERTANIAN PERKEBUNAN YANG BERNAMA MRS MAYA NANA WULAN DI UNIFERSITAS UNNES IDE DARI GURU KHU SANGAT BRILLIAN KHAN UNTUK MASA DEPAN PEMIKIRAN POLA PIKIR SANGAT MENGUNTUNGKHAN MENGURANGI PENGANGURAN MENJADI TEWNGKULAK DURIAN MENGURANGI KEMISKINAN DEMI GENERASI MENDATANG SAYA SEMESTER TIGA KALAU DIRIMU SEMESTER BERAPA DARI SABANG SESAMPAINYA MEROKHE SAHABATKHU DI UNIVERSITASNYA PASTINYA SEMUA SAHABAT KHU MENYUKAI DURIAN ATAU DUREN SAMA DONK SANAK SAUDARI SEDULUR SAUDARA JUGA MENYUKAINYA YAITU DURON BAHASA MELAYU WONTEN MALESIANYA IBUKOTA KUALALUMPUR NEGRINEGARATETANGGA DEKAT KALIMANTAN TENGAH BARAT TIMUR INDONESIA MERDEKANKRI.

  18. katanya guru khu yth mr sigit waluyo mengatakhan yaitu dozenkhu dhi wonten unnes baik untuk kesehatansedangatan dhi saat kita sakit struk rajinlah makan mengkonsumsi menghidangkhan menyantap buah durian dengan langsungtemuan baru ini telah terbukti kebenaranya didunia pengobatan ilmu alam tradisional ditambah meminum kopi luwak merajalelha sampai dalam negri luar nengri assean mancanegara internasional kemudian timur tenggah singgkat atau sindikat langsung sehat bagas waras dengan resep ini singkat pencerahan penceritakan pendonggeng singkat ceritanya boleh percaya boleh tidak hanya yang mengetahui tuhan yang maha esa antah brantah kebenarranya.

  19. cara menyembuhkhan penyakit tumor kangker haiv and then aids dengan memakai cara iktiar menggonsumshi buah durian selama 1tahun penuh hanya boleh memakan itu saja kemudian dengan meminum kopi kapal api setiap harinya insya allah sembuh tanpa atau tidaknya operasi sihir mejik ilmuhitam tradisional dipercaya efektif dari zaman nenek moyang khasiat sangat berkualitas bewrmutu pentokangkal toksin atau racun dalam tubuh penelitian oleh drs atau dra professor yth mrs zulfia silfia froms japan kata ibuguru ibunda yth mrs yunita guru dossen s3 wonten unnes singkhat ceritanya sesaat mengajar mengulang pelajaran siswa siswi putra putri putro anak didik unifersity unnes mendidiknya demikian penuturan sebagai mahasiswanya.

  20. khusus kecantikan bagi kaum hawa luluran terbaru menambah elegan kepercayakan diri supaya pd dimata kaum adam caranya sangat mudah simpel membeli buah durian belah ambil biji durian kulit ponge redam dengan air sedang yaitu hangat kemussian buat mandi sisa air sehabis buat siram diminum untuk supaya agar merdu suaranya tanpa serak menurut profescor drs yenciana paulin lokasi area unifersitas unnes jln.diponogoro banyumanik dozenkhu sarjanas3semesternya.

  21. kaum hawa mengginkhan sempurna dikalangkhan kaum adam oh caranya simpel esay gampang mudah kok tinggal masker memakai yang terbaru bukanya iseng khan biasanya memakai milk clenser dirubah memakai bahan baku buah durian penemuan spekkhuler khan untuk menhindari komedo jerawat bintik hitam wajah kulit khuzam makanya memakai bahandhasar durian agar kian cantik jelita rupawan dambakan kaum adam oh ya sentuhan akhir memakai baju oblong danserta kemudian baju tentop untuk melengkapikesempurnakanya janganlalaiya untuk kami dan cintamu seperti sama dengan yang kamilakukhan diuniversitasunes salam dari dozenkami yth ibu agustin ma guru bilogi botani pertanian perkebunan perladangan lapak tegal perhutanan durian sesama pecinta duren fruts.

  22. menurut penelitian wonten unifersitas unnes yth drs/dra mrs jezsika chunli seorang etnis tinghoa cinno/chinnis bahwa buah durian dinegaranya tanparrc ada jadi memilih menetap sebagai wni ketimbang dari pada wna bisa mengobati haid setelah menstrurasi untuk melindunggi keperawanan wanita supaya tanpak cantik menawan di mata kaum adam dengan cara meletakan durian dimasukkhan celana dalam kemudian dipakai selama anda/ia menggininkanya dengan modeldiswallow setelahitu dilepas bilas airsanpai bersihtanpaberbau wanggidurian menurut penutdozensayauran katanya gartaka ru katanya setelahkrubungilalatjikamasihbsamenciumnya ba mengajar mengisi waktu luang menjelaskan itu aneh tetapi nyata percaya tanpa percaya bagai televisi hotspot pengobatantradisional turun temurun mungkin batinkhu sesaat mendengarkhan anekdot dari nenek moyang froms negaraassean yoiku chinnes.

  23. oke jikalau begitu aku gembira karna kelesatan buah durian sahabatkhu kau jugakhan menikmatinya karna kita semua juga menyukai durian yang tidak menyukai durian berarti seseorang nuwun sewu dengan kerendahan hati munafik jawaban atas pertanyakan ini sesaat musyawarah untuk mufakat rasional dan masuk diakal nalar akal sehat kita yang tanpa mengerti berarti seseorang yang gila mengapa karna kewarasshan kehilangghan pola pikirnya kinerja otaknya di nkri dari sabang sesampainya dimeroke semuanya menyukainya oke.

  24. buah durian bisa dibuat pemijatan secara alami ilmiah natural netral herbal tradisional jangan kupas kulit buah durian tersebut kita telanjang bulat terlentang mlumah mengkurep satu teman kita menumbuk punggung kita sampai terasa berasa terangsang nyaman dari kenikmatan harafiah duri buah durian yang menusuk kulit kita wow enak tenan dari ide yang bernama yth bapak dhozen sony cahyo nugroho froms unifersitys unnes silakan mencoba langsung ketaguhan lagi maulagi momolagi jabatanya ilmu pertanian perkebunan perhutanan lapak tegal fruts atau buah durian salam hangat dari unnes untuk anda sekalian semuanya everbody everyon si sahabat temankhu sesama komentator portbel komputer atau pc seyou leter nek agaian sayonara buah durian bets my frens.

  25. mengapaya buah durian seenak itu masih ada yang tanpa ada yang mengonsumsinya padahal menurut drs dhozen wonten unifersitas unnes banyak manfatnya menurut yth mrs lintang lunna safira beralti tanpa menurut silsillah adat istiadat nenek moyang kita menurut sunnahnya rasain bisa khualat jika tidak mempercayai untuk dhi konzumshi bagai malin kundang maka cintailah produk indonesia supaya tanpa kualat bagai jambu mete terkena kutukhan ayo kita nurut saja memakan durian agar prekonmian bangsha maju dengan memakhan durian salsam hangat dari sekolahankhu wonten dhi unnes.

  26. hey hello hulla hallo aku mempunyai tebak tebakkhan lagu durian menurutmu ada atau tidak ya kalau aku ada jawaban dari pertanyankan ini yaitu iaalah adalah berbunyi lagunya sepertui ini dudi dudi dham dham durian itulah jawabanya lucu humoris jenaka jough khan sahabat teman konco fren sahabat khu khan.

  27. linda says:

    hmmmmmm……..
    enaknya

  28. ivan says:

    khasIat durIan dapat menyembuhkan perut Lapar,, ,??

  29. agungoong says:

    enak banget makan duren, liat gambarnya bikin ngiler

  30. SURYA says:

    durian tempat asal gua tetap yang paling enak bro,,,,
    durian balai karanagan Kec.sekayam Kab.sanggau Prov.kalimantan barat
    terbukti mendunia,,hahhay
    pernah liat durian yg panjangnya hampir 1M. pasti belomkan,,,hahha
    hanya ada d balai karangan, sayangnya pemerintah pusat tidak memperhatikannya sehingga tanaman tersebut bisa di bilang sudah langka.

  31. duren enak belah duren enak yang gak enak itu minum bensin tauk

  32. poeeee says:

    mantap durenya tuch, baru tau ternyata duren mempunyai manfaat bagi tubuh

Leave a Reply